TrustWeb
Reviewmu.com no-minimum.com

Menggunakan Domain Sendiri untuk Blog di Blogger (dengan EveryDNS)

Dalam postingan sebelumnya, saya telah mengulas bagaimana menggunakan layanan domain redirect/domain forwarder untuk mempersingkat alamat website/blog. Kini kita akan mengulas bagaimana membuat blog Anda bisa memiliki nama domain sendiri. Atau bagaimana mensetting/custom/kustomisasi domain agar bisa dipakai di blog Anda. Jadi yang aslinya nama domain blog Anda adalah namaanda.blogspot.com bisa menjadi www.namaanda.com, www.namaanda.net, dsb. Anda bisa membeli nama domain di jasa penyedia nama domain. Silahkan Anda cari sendiri lewat search engine. Atau jika Anda mau yang gratisan ada juga, contohnya layanan dari www.co.cc atau www.uni.cc (tapi sekarang tidak menerima pendaftaran lagi)

Baik sekarang saatnya kita mainkan. Saya akan memberi contoh dengan domain gratisan, yang berbayar sebenarnya sama saja cara settingnya.

1. Daftar dulu di www.co.cc. Cara pendartaran lihat disini.
2. Buka Tab Baru (tekan Ctrl+T), sekarang Anda kunjungi website ini www.everydns.net yang merupakan penyedia layanan DNS (Domain Name Sever) atau Server khusus untuk meletakkan domain. Sebenarnya penyedia layanan seperti ini banyak yang lainnya. Tapi saya beri contoh ini dulu, karena prosesnya terbilang lebih cepat dari layanan sejenisnya.
3. Isilah formulir pendaftarannya

4. Jika sudah, maka loginlah.
5. Masukkan nama domain yang sudah dibuat tadi di kotak isian "Add new domain:", klik ">>(basic)" (masukkan tanpa penyertaan www)
6. Sekarang lihat di sidebar kiri atas ada option "Primary Domains:", klik nama domain Anda tersebut
7. Lihat gambar ini, settinglah seperti ini, masukkan www pada "Fully Qualified Domain Name: ", Rcord Type: pilih CNAME, masukkan ghs.google.com pada "Record Value", klik "Add Record"

8. Kembali ke jendela setting domain Anda yang di www.co.cc
9. Pada option manage domain pilih "Manage DNS", klik"[+ Add More Name Servers] " sampai kotak isiannya menjadi 4
10. Masukkan isian ini pada setiap kotak "Name Server"
ns1.everydns.net, ns2.everydns.net, ns3.everydns.net, dan ns4.everydns.net, klik "Set up"

11. Berikutnya Anda coba buka akun blogger Anda, pilih "pengaturan", "publikasikan", pilih "Berpindah ke: • Domain Kustom", klik "Beralihlah ke pengaturan lanjut ", masukkan nama domain Anda pada kotak isian yang disediakan, contoh www.antoxite.co.cc, "simpan setelan"

Sampai disini Anda sudah selesai dalam hal kustomisasi domain. Disebutkan pada situs www.co.cc bahwa kustom domain ini akan memakan waktu setidaknya hingga 48 jam, namun dalam prakteknya, dengan menggunakan everyDNS proses hingga domain bisa digunakan hanya memakan waktu sekitar 1 - 2 jam saja. Selamat mencoba, ya... Adakah kesulitan?


Baca juga artikel yang berhubungan:



0 komentar:

Posting Komentar

Rekomendasi

Blogadr.com - Listed (add your blog to Blogadr.com) Blogadr.com - Listed (add your blog to Blogadr.com) Internet Top Blogs Blog Review TopOfBlogs Blog DirectoryBlog Directory Directory of Internet Blogs business blog berburu dolar http://wendh4.blogspot.com/ ihsan's blog ngemprut fauzie's blog Photobucket