TrustWeb
Reviewmu.com no-minimum.com

Page Rank vs Trafik Visitor

Menindak lanjuti komentar dari Pak Fajariyadi, di postingan saya yang berjudul "Meningkatkan Page Rank dengan Backlink". Baik, kali ini akan saya bahas lagi masalah page rank ini. Ya, buat referensi sama-sama.. makasih atas komennya, Pak Fajar.

Begini, sebelum kita membuat sebuah blog kan tentunya kita harus menentukan dulu apa tujuan kita ngeblog, entah itu buat seneng-seneng aja cari temen atau cari pacar (uhuy...) atau mau cari duit dari internet, atau mungkin sekedar sharing ilmu aja (biar bangsa Indonesia pinter semua). Tujuan ngeblog sih terserah Anda. Itu yang nantinya akan menentukan arah tema setiap penulisan postingan Anda. Ya, ada baiknya memang bila blog Anda punya tema atau niche, untuk menentukan target konsumen blog Anda.
Sebenarnya baik antara trafik visitor (pengunjung) ataupun page rank itu sama-sama penting. Tapi kembali lagi, kemana arah kita ngeblog tadi. Page Rank adalah salah satu produk Google. Telah saya bahas sebelumnya bahwa page rank adalah suatu nilai yang menggambarkan tingkat popularitas suatu situs atau blog. Gampangnya gini, semakin populer suatu blog, semakin tinggi PRnya dan akhirnya perhitungan algoritma Google pun akan mengedepankan blog tersebut untuk lebih bisa ditemukan di halaman hasil pencarian daripada blog sejenis lainnya. Untuk menambah tinggi page rank, sebagian mungkin sudah saya jelaskan. Tapi jika suatu blog belum memiliki page rank yang tinggi, jangan khawatir kalau isi blog tidak akan bisa terlihat di halaman awal di deretan halaman hasil pencarian Search Engine Google hingga mengakibatkan trafik blog kita minim. Kita bisa mengakalinya. Salah satunya dengan mendaftarkan blog kita di blog direktori yang memang sudah populer, di social bookmark yang populer pula (digg.com atau delicious.com contohnya), atau bisa juga menggunakan cara yang dikatakan Pak Fajar, yaitu dengan memasang iklan di situs iklan gratisan (yang populer juga tentunya) agar blog kita bisa mendapat trafik melalui layanan-layanan tersebut. Memang antara PR yang tinggi dan Trafik yang besar sama-sama penting, tapi Anda jangan khawatir jika belum memiliki salah satunya jika memang Anda punya tujuan making money dengan blog Anda. Dengan PR yang tinggi kita bisa happy, sebab kita bisa mendapatkan uang melalui program marketing yang syaratnya kita harus memiliki PR tinggi. Contohnya, kita bisa menjual backlink. Ya, menjual backlink. Kita hanya menyediakan tempat saja di blog kita untuk tempat iklan teks dari pihak luar. Emang ada yang mau beli backlink? Ada! Semakin tinggi PR blog kita, maka bayaran untuk kita pun akan semakin tinggi. Dari puluhan ribu sampai ratusan ribu tiap teks link bisa kita dapatkan. Contoh dari program ini adalah TLA (Text Link Ads) atau Backlinks dot Com. Atau Bisa juga Anda mengikuti program Paid to Review, dimana kita akan mendapatkan bayaran dari setiap review yang kita tulis di blog kita. Sama, semakin tinggi page rank kita, maka hak kita untuk mendapatkan bayaran semakin tinggi. Mengapa ada yang butuh direview situsnya? Mereka juga butuh populer kan... Ibarat kalau blog kita yang berPR tinggi itu seorang artis yang Mbah Google sudah kenal dengan baik maka situs yang kita review tadi adalah ibarat seseorang yang dikenalkan si artis kepada Mbah Google, maka si Mbah Google kan akan lebih percaya dan akan menempatkannya di jajaran atas juga. Apalagi kalau temen-temennya artis semua...bau artisnya jadi ikutan juga.. hehehe...
Nah untuk blog yang ber PR rendah, tapi pinter bikin trafik yang deras, itu jug ada enaknya... Kalau kita punya blog yang seperti itu ada baiknya kita manfaatkan dengan memasang program PPC (Pay Per Click) di blog kita. Contoh PPC itu seperti Google Adsense, Adbrite, PPCIndo, KumpulBlogger, dsb. Jadi kita akan mendapatkan penghasilan dari setiap link iklan yang diklik sama para pengunjung blog kita. Atau bener juga kata Pak Fajar, kita bisa sambil jualan barang atau jasa di blog kita, baik itu barang yang halus (bukan makhluk halus lho, tapi barang-barang jenis "e" seperti e-book, software, script, dsb) atau mungkin barang yang dapat disentuh seperti buku, cd, dsb.. Untuk menjual barang pun tidak harus Anda punya produk sendiri. Anda bisa menjadi Affiliate atau Reseller yang menjual produk orang lain. Loh apa bedanya Affiliate sama reseller? Kalau Affiliate itu tidak perlu membeli barangnya terlebih dahulu dari si empunya produk sedang reseller ya harus beli dulu.
Mungkin begitu dulu, ya tulisan dari saya.. Kalau ada yang mau nambahi, ya silahkan.. Intinya baik PR atau Trafik itu sama-sama enak..hehe..

Baca juga artikel yang berhubungan:



7 komentar:

  Cebong Ipiet

13 Januari 2009 pukul 12.09

seppp...smw emg tergantung tujuan nge blog..dan akhirnya menentukan perlakuakn kita pada blog kita

  Anonim

27 Januari 2009 pukul 04.25

hubungannya keyword--->pagerank--->visitor gmn mas....? penting mana untuk blog yang masih baru?

  Antoxite

27 Januari 2009 pukul 20.07

@cobacucimata, keyword yang tepat sesuai tema blog kita akan memberikan visitor bagi kita. pada intinya, orang ke internet itu kan orang2 yang punya masalah, punya pertanyaan yang ingin tahu jawabannya lewat internet. Jika kita tahu kira2 apa ya pertanyaan yang akan mereka lontarkan melalui search engine, tentu blog kita bakal kedatangan mereka. untuk blog baru ya harus berjuang kalau mau punya PR tinggi. PR yang tinggi biasanya akan membawa blog kita ke peringkat atas hasil pencarian. sehingga kemungkinan orang akan berkunjung ke blog kita akan lebih besar daripada jika blog kita letaknya di peringkat bontot. Tapi bisa diakali kok.

  rianeda2008

12 Juli 2009 pukul 23.31

hhmm...perlu juga nih

  Anonim

6 Agustus 2009 pukul 22.35

Wow, bagus nih artikel...
pengen PR-ku berubah tp koq ampe skrg ga ada perubahan?

  Unknown

22 Agustus 2009 pukul 05.32

mantab ne infonya,.,.,.keep update gan :)

Posting Komentar

Rekomendasi

Blogadr.com - Listed (add your blog to Blogadr.com) Blogadr.com - Listed (add your blog to Blogadr.com) Internet Top Blogs Blog Review TopOfBlogs Blog DirectoryBlog Directory Directory of Internet Blogs business blog berburu dolar http://wendh4.blogspot.com/ ihsan's blog ngemprut fauzie's blog Photobucket