TrustWeb
Reviewmu.com no-minimum.com

Membuat Weblog/Blog dengan Blogger.Com

Untuk memulai bisnis online, ada baiknya Anda memiliki website atau weblog marketing. Ini yang nantinya mempurmudah Anda untuk berbisnis secara online. Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. Lalu apa itu Blog? Blog adalah situs web yang memuat tulisan yang disusun secara kronologis dan biasanya dibuat dengan sudut pandang pribadi, serta lebih terfokus dengan konten yang selalu terupdate. Ibarat rumah di dunia nyata, website atau blog merupakan rumah kita di dunia maya. Semakin nyaman rumah kita maka akan semakin betah tamu-tamu kita berkunjung ke rumah kita. Sama dengan website atau blog, semakin Anda memberikan nilai lebih pada situs Anda, semakin banyak pula tamu yang datang, berkunjung sampai nantinya bisa tertarik dengan program-program marketing yang Anda tanam dalam situs Anda. Ujung-ujungnya ya, tentu saja Anda akan menikmati uang dari bisnis online Anda ini. Maka memiliki website atau blog itu penting bukan?

bloggerUntuk pembelajaran kita kali ini, saya akan menerangkan bagaimana membuat sebuah blog dengan layanan gratis dari Blogger.Com. Kenapa Blog? Karena blog mudah dibuat (cukup beberapa menit), mudah mengaplikasikannya dan banyak yang menyediakan layanan ini secara gratis.
Ok, mari kita simak bagaimana membuat weblog di Blogger.

  • Ketikkan alamatnya dulu di Address Bar Browser Anda http://www.blogger.com/ dan tekan "enter"
  • Masukkan alamat Gmail Anda (belum buat? buat disini) pada kotak isian "Nama Pengguna (e-mail):". Jika Anda membutuhkan tutorial cara membuat e-mail di gmail klik disini. Masukkan password akun Google/Gmail Anda. Klik "MASUK"
  • Akan muncul halaman "Mendaftar untuk Blogger". Masukkan "Nama Tampilan" untuk menandai postingan Anda. Isi terserah Anda. Klik pada kotak kecil di "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" untuk memberi tanda centang. Klik "Lanjutkan"
  • Pada step berikutnya silahkan Anda memberi judul Blog Anda. Sesuaikan dengan tema yang akan Anda bahas nanti di Blog Anda. Misal jika blog Anda akan membahas seputar kuliner, Anda bisa memberi judul "Pusat Informasi Seputar Kuliner Indonesia". Pada isian berikutnya isi alamat blog Anda dengan nama yang sesuai tema Anda. Contoh "http://kulinerindonesia.blogspot.com/". Klik Cek ketersediaan untuk mengetahui apakah alamat tersebut bisa Anda miliki atau sudah dipakai orang lain. Jika memang sudah dipakai orang lain, Anda bisa memikirkan nama yang lain. Nantinya alamatweblog ini yang akan dipergunakan orang untuk mengakses blog Anda. Dalam isian "Verifikasi Kata", masukkan deretan huruf yang sesuai dengan gambar yang muncul diatas kotak isian. Klik "Lanjutkan".
  • Silahkan Anda pilih Template weblog Anda sesuai selera Anda. Anda bisa menggantinya kelak. Klik "Lanjutkan".
  • Maka akan muncul halaman pemberitahuan "Blog Anda telah diciptakan!". Klik "Mulai Blogging"
  • Saatnya Anda memposting artikel Anda. Ketik judul Artikel yang akan Anda tulis di kotak isian "Judul" dan ketikkan artikel Anda pada kotak isian di bawahnya. Sama seperti Anda mengetik dengan Ms. Word. Anda bisa gunakan fungsi-fungsi yang tersedia seperti ukuran font, jenis huruf, memberi tautan, memberi warna huruf, indentasi dan sebagainya. Untuk uraian cara membuat postingan artikel di Blogger secara lengkap akan saya ulas nanti. Masukkan Label untuk postingan Anda di kotak isian "Label untuk posting ini:". Label berfungsi untuk menandai konten artikel Anda. Jadi bila Anda memposting suatu artikel dengan tema tertentu maka orang akan lebih mudah menemukan artikel Anda ketika mereka mencari informasi yang sesuai tema postingan Anda melalui tautan label ini. Contoh bila postingan Anda berisi resep masakan dengan bahan dasar ikan laut, Anda bisa memberikan label untuk artikel Anda ini dengan kata-kata: kuliner, masakan ikan laut, serba ikan, dan sebagainya. Anda bisa memberikan satu atau lebih kata ataupun frase pada kotak label untuk setiap postingan. Setiap kata atau frase dipisahkan dengan tanda koma(,), perhatikan penulisan contoh label tadi. Selanjutnya Anda bisa meng-klik "MEMPUBLIKASIKAN POSTING" untuk segera menampilkan artikel Anda di blog Anda atau "SIMPAN SEKARANG" untuk menyimpan artikel Anda di derektori Blogger sebagai "Draft" yang bisa Anda edit dan Anda tampilkan di blog Anda lain waktu.
  • Selamat Anda sudah memiliki sebuah weblog baru!! Untuk melihatnya, klik link/tautan "Lihat Blog" di bagian halaman paling atas.


Baca juga artikel yang berhubungan:



1 komentar:

  Unknown

15 November 2008 pukul 08.24

Thanks infonya sangat membantu,,,,

Posting Komentar

Rekomendasi

Blogadr.com - Listed (add your blog to Blogadr.com) Blogadr.com - Listed (add your blog to Blogadr.com) Internet Top Blogs Blog Review TopOfBlogs Blog DirectoryBlog Directory Directory of Internet Blogs business blog berburu dolar http://wendh4.blogspot.com/ ihsan's blog ngemprut fauzie's blog Photobucket