TrustWeb
Reviewmu.com no-minimum.com

Mendaftarkan Situs/Blog di Search Engine Submission

Belum cukup Anda dengan memiliki blog saja. Anda masih harus memberikan nyawa untuk blog Anda. Jika Anda membuat weblog dan Anda diamkan saja tidak akan memberikan hasil apapun untuk Anda.

Lalu apa yang Anda perlukan? Tidak lain adalah promosi! Ya, suatu website/blog bisa terkenal karena tidak lepas dari strategi publikasi ataupun promosinya. Seberapa banyak pendapatan Anda juga ditentukan dari sini. Sebenarnya strategi bisnis itu idealnya adalah 10% persiapan dan 90% promosi. Bohong jika ada yang mengatakan kita tidak perlu promosi untuk menjadikan produk kita laku, perusahaan besar yang terkenal saja tidak akan mau menghentikan promosinya karena mereka tidak mau hilang dari benak masyarakat dan akhirnya rugi.


Yang pertama, jika Anda mengharapkan blog Anda dikenal orang dan ada transaksi didalamnya, Anda harus mempublikasikannya di jagad web. Anda bisa usahakan agar orang bisa menemukan blog Anda lewat bantuan mesin pencari web seperti Google, Yahoo!, MSN dan sebagainya. Banyak sekali jenis mesin pencari web di Internet. Semakin banyak mesin pencari yang memuat informasi mengenai web Anda, akan semakin banyak pula pengunjung web Anda. Namun repotnya jika Anda mendaftarkan diri di banyak mesin pencari, Anda harus melakukannya satu per satu. Tapi jangan khawatir, sekarang sudah banyak tersedia tool gratis yang memungkinkan Anda bisa mendaftarkan Website Anda ke beberapa mesin pencari sekaligus atau Anda akan diarahkan untuk mendaftarkan diri di banyak mesin pencari web yang terkenal di jagad web. Contoh penyedia layanan semacam ini atau yang disebut "Search Engine Submission" adalah SubmitExpress (http://www.submitexpress.com/ ). Anda bisa membuka situsnya dan Anda tinggal memasukkan alamat web dan e-mail Anda untuk mendaftarkan situs Anda ke beberapa mesin pencari web, seperti Google, Altavista dan Yahoo!Search. Anda akan diarahkan pula untuk mendaftarkan diri di beberapa situs pada saat itu juga seperti MSN milik Microsoft serta Anda juga akan mendapati beberapa surat elektronik di kotak surat (inbox) Anda dari situs-situs mesin pencari web yang berisikan permintaan kepada Anda untuk mengkonfirmasi pendaftaran blog Anda di mesin pencari web mereka. Anda bisa mencoba mempublikasikan web Anda dengan cara ini dan orang-orang di seluruh dunia akan bisa menemukan blog Anda dengan mudah. Tapi semisal Anda telah mendaftarkan alamat web Anda melalui SubmitExpress dan Anda belum juga menemukan web Anda terlihat di mesin pencari setelah beberapa hari, Anda jangan bingung dulu. Coba tunggu dulu satu bulan. Jika dalam waktu satu bulan web Anda belum terlihat di mesin pencari, Anda bisa mendaftarkannya ulang. Jangan sampai Anda mendaftarkannya berulang-ulang dalam 1 bulan yang sama. Bisa-bisa Anda akan dianggap spam. Sebenarnya Anda diamkan saja pun blog Anda akan terindex / tercantum dalan direktori search engine. Tapi tentu akan membutuhkan waktu yang lama. Bisa sampai berbulan-bulan.

Untuk mendaftarkan blog Anda, silahkan Anda masukkan alamat weblog Anda di kotak isian FREE SUBMISSION di kolom "FREE WEBMASTER TOOLS" yang ada di sebelah kanan. Masukkan alamat URL blog Anda misal http://www.namaanda.com/ atau http://namaanda.blogspot.com/, klik "Continue".

Pada halaman yang muncul, silahkan Anda cantumkan e-mail Anda juga dan daftarkan segera.

Selanjutnya silahkan Anda copy code HTML untuk banner dengan link balik ke situs SubmitExpress yang sudah tersedia dan taruh code tersebut dimanapun di blog Anda. Karena Anda sudah diberikan fasilitas submission gratis kan tidak ada salahnya Anda mempromosikan web SubmitExpress ini dengan menampilkan banner SubmitExpress di blog Anda. Untuk mesin pencari milik Yahoo! dan MSN, Anda butuh melakukan pendaftaran manual melalui link yang telah disediakan. Klik link tersebut dan masukkan URL blog Anda di kotak isian pada halaman pendaftaran URL. Untuk Yahoo!, Anda harus Log In / masuk dulu ke akun Anda sebelum melakuakn pendaftaran weblog Anda.

Selanjutnya cek kotak surat Anda, ada e-mail permintaan konfirmasi dari beberapa situs mesin pencari website. Buka e-mail-e-mail tersebut dan klik link yang tercantum dalam surat tersebut (link biasanya panjang). Selamat weblog Anda akan segera tercantum di derektori mereka. Anda tinggal menunggu waktu saja sampai situs/weblog Anda terlihat melalui mesin pencari waktu seseorang mencari artikel yang berkaitan dengan situs/weblog Anda. Sering-seringlah men-cek apakah situs Anda sudah terindex atau belum melalui pencarian di search engine. Anda bisa mencoba memasukkan alamat situs Anda pada kotak pencarian search engine seperti Google. Contoh ketik saja http://www.namaanda.com/" pada Google. Jika alamat URL Anda sudah tercantum, ya berarti weblog Anda sudah leluasa bisa diakses orang di seluruh dunia.

http://www.submitexpress.com/

Jika target Anda adalah dalam negeri, Anda bisa juga mendaftarkan di beberapa mesin pencari Indonesia seperti:

http://www.searchindonesia.com/
http://www.incari.com
http://indonesia.asiaco.com
http://www.catcha.co.id
http://indonesia.asiadragons.com/
http://www.endonesia.com
http://www.irfamedia.com
http://indonesia.asiannet.com
http://members.lycos.nl/linkindonesia
http://www.promosi-web.com
http://www.nahlo.com
http://indonesia.start4all.com
http://www.computerera.com
http://www.indocenter.co.i
http://www.naver.co.id
http://www.pande-bali.com
http://www.indo-web.com
www.pandawa.com/arjun
http://situs.web.id
www.geocities.com/CollegePark/4100
http://www.yellowpages.web.id
http://www.netcepat.com
http://direktori.keluarga.org
http://www.startindonesia.com
http://www.alfiannoer.i-p.com
www.geocities.com/pristoi
http://www.anekaragam.com
http://enjoyat.hypermart.net
http://www.indotop10.com
http://www.bookmarks.web.id
http://nusadata.master.com
http://www.dunia-internet.com
http://1searchindonesia.virtualave.net/
http://search.pandawa.com
http://surabaya.hypermart.net
http://www.netkreasindo.com




Baca juga artikel yang berhubungan:



4 komentar:

  Unknown

9 Februari 2009 pukul 05.43

mantab mas...mohon kerja samanya

  iephul

24 April 2009 pukul 06.36

thanksssssssss 4 your knowladge!!!!!!!!!

  ryan_goblin

29 Juni 2009 pukul 19.20

thanks bt smua infox

  Gomarus Andre Irawan

15 September 2009 pukul 20.29

Bagus ilmunya...terutama bagi beginner blogger seperti saya..

Posting Komentar

Rekomendasi

Blogadr.com - Listed (add your blog to Blogadr.com) Blogadr.com - Listed (add your blog to Blogadr.com) Internet Top Blogs Blog Review TopOfBlogs Blog DirectoryBlog Directory Directory of Internet Blogs business blog berburu dolar http://wendh4.blogspot.com/ ihsan's blog ngemprut fauzie's blog Photobucket