TrustWeb
Reviewmu.com no-minimum.com

Mempercantik Blog dengan Widget

Apa itu Widget? Widget adalah element khusus yang disediakan pihak luar yang bisa Anda pasang di website, blog, situs komunitas, dsb. Widget memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda-beda. Mulai untuk mempercantik tampilan website, menambah fitur website, sampai untuk alat marketing (untuk penjualan). Di Blogger sebenarnya sudah banyak tersedia beraneka macam widget yang siap menghiasi weblog Anda. Anda bisa memilihnya dengan cara:

1. Masuk ke akun Blogger Anda
2. Klik "Tata Letak"
3. Klik "Elemen Halaman"
4. Pada tampilan susunan elemen halaman klik "Tambah Gadget"
5. Akan muncul jendela pop-up Tambahkan Gadget
6. Anda akan menemukan banyak sekali jenis widget yang bisa Anda tampilkan di blog Anda. Klik tanda untuk menambahkan widget yang Anda pilih ke dalam blog Anda. Klik "Simpan" jika Anda benar-benar mau menampilkan suatu widget dan "Batal" untuk membatalkan pemakaian widget serta "Hapus" jika widget tersebut telah Anda pergunakan dan Anda ingin menghapusnya.
7. Anda bisa melakukan pencarian jenis widget dengan fasilitas pencarian di bagian kanan atas. Misal jika Anda ingin memberikan widget penunjuk waktu atau jam saat ini, Anda bisa mencarinya dengan kata pencarian "time".
8. Selain itu Anda bisa mencari berdasar kategori tertentu melalui deret kategori di samping kiri.
9. Anda masih bisa menampilkan widget lain diluar yang tersedia di Blogger melalui pencarian search engine. Biasanya Anda akan diberi suatu kode HTML atau JavaScript dari situs penyedia widget untuk menampilkan widget tertentu di blog Anda. Untuk menampilkan widget dari luar Blogger, Anda bisa melakukan langkah awal tadi, setelah jendela Tambahkan Gadget muncul, pilih HTML/JavaScript dan masukkan kode yang telah Anda dapatkan dari situs penyedia widget.
10. Untuk pengaturan letak widget Anda dapat melakukan drag and drop (klik, tahan dan tarik) ke tempat yang Anda suka. Misal Anda ingin meletakkan/memindahkan sebuah widget pada sisi tertentu blog Anda. Klik kotak widget yang ingin Anda pindah, tahan dan tarik ke tempat yang Anda inginkan .
11. Setelah selesai klik "Simpan", Nah sekarang coba lihat blog Anda

Baca juga artikel yang berhubungan:



6 komentar:

  romadhon ashari

26 Maret 2009 pukul 21.21

hay bro thank atas triknya.

  romadhon ashari

28 Maret 2009 pukul 01.22

thank blog u keren

  oCHa

15 April 2009 pukul 00.04

mas keren,,
membantu banget buat bloku,, trimz yah,,,

  oCHa

15 April 2009 pukul 00.08

oya g mana mbuat posting komentar yah ?? bis waktu d buat error mulu,, sarann donkz

  Eman

13 Juli 2009 pukul 06.12

makasih atas widgetnya....

ada yang lain nga....???

pas buat blogku yg baru alias masih kosong... he...he..he..he..

makasih banyak yach...

  blogmilliontraffic

14 Oktober 2009 pukul 01.52

Bagus dan usaha ikhlas yang murni. Kalau sudi sila jemput ke url website saya : 600 million traffic disana. Jumpa disana

Posting Komentar

Rekomendasi

Blogadr.com - Listed (add your blog to Blogadr.com) Blogadr.com - Listed (add your blog to Blogadr.com) Internet Top Blogs Blog Review TopOfBlogs Blog DirectoryBlog Directory Directory of Internet Blogs business blog berburu dolar http://wendh4.blogspot.com/ ihsan's blog ngemprut fauzie's blog Photobucket