TrustWeb
Reviewmu.com no-minimum.com

Trik Memperlebar Side Bar pada Template Blogger

Menindak lanjuti permintaan dari Pak Agha_Ku tentang bagaimana cara memperlebar sidebar, maka dalam postingan ini saya akan menjelaskan langkah-langkahnya. Semoga bisa berguna buat teman-teman yang lain. Sebenarnya caranya cukup simpel. Tapi membang butuh kehati-hatian.
Baik langsung saja.

1. Buka Akun Blogger Anda
2. Untuk berjaga-jaga jika Anda kesulitan dalam mengatur lay out back up dulu template Anda. Klik "Download Template Lengkap". Anda bisa mendownload ulang template Anda tadi sewaktu-waktu.
3. Klik "Tata Letak"
4. Klik "Edit HTML" (tidak usah memberi tanda centang dapa expand widget template"
5. Cari kode berikut ini: #sidebar-wrapper { (untuk mempermudah pencarian tekan ctrl + f lalu masukkan kode tadi, ketemu deh)
6. Ganti nilai angka (yang bercetak biru) pada width: 220px; menjadi nilai yang Anda inginkan. Misal Anda ingin menggantinya menjadi 300, ya silahkan
7. Kalau #main-wrapper { merupakan setting untuk lebar bagian data posting. Anda bisa merubah nilainya juga seperti cara diatas.
8. JAngan lupa tentukan juga nilai #outer-wrapper { untuk menyesuaikan dengan perubahan lebar main wrapper dan sidebar wrapper. Contoh saja jika Anda merubah nilai sidebar menjadi 300 dan main menjadi 500 maka Anda bisa mengganti angka pada outer menjadi 850, agar susunannya pas. Untuk contoh, klik disini.
Nah, jika masih ada pertannyaan, silahkan bertanya melalui kotak komentar. Terimakasih...

Baca juga artikel yang berhubungan:



9 komentar:

  agha_ku

13 November 2008 pukul 17.49

makasih kang nugroho dah mandu ane punya blog, ane dah coba walau belum 100% bagus tp tulisanmu jadi inspirasi buatku tambah rajin nge-blog, kebetulan blog-ku 3 kolom, (lihat: http://www.gustibogor.blogspot.com), jd yg pengen kulebarin side bar sebelah kanan, selain itu bisa gak nambah kolom diatas ato dibawah side bar yang lebarnya sama dengan 2 side bar, makasih banget ya kang

  Anonim

26 Februari 2009 pukul 19.20

sy ada mslh...
sy punya 2 sidebar kiri dan kanan
ada g cr memindahkan sidebar kiri ke kanan..????
sy pingn sidebar na d sblh kanan smua
mohon bantuan naaaaaaaaaaaaaaaaaa.....

  Anonim

3 Maret 2009 pukul 08.30

kalau blog seperti saya
kira2 bisa gak ya?
saya pengen banget memperlebar sidebar dan posting nehhh

makasih sebelumnya ya
saya tunggu

  Antoxite

6 Maret 2009 pukul 02.55

@ibnuanshari.com, bisa mas, coba aja seperti postingan saya diatas.

  Ganesha

7 Maret 2009 pukul 22.23

kode² di atas terdapat di bagian mananya?? soalnya gak ada kode seperti itu di template aku.. makamya mau aku tambahin...

http://gajahpandai.blogspot.com

  apa saja

6 April 2009 pukul 01.38

boleh juga dicoba...

  hengky sinaga

19 Mei 2009 pukul 12.27

langsung ke TKP..

  Hszone

15 Juni 2009 pukul 23.01

assalamualaikum wr.wb
mas Nugroho setelah saya mempraktikan tentang "Trik Memperlebar Side Bar pada Template Blogger",ternyata koko tidak bisa ya? malahan blog saya menjadi putih warnanya, lantas bagaimana cara yang benar? Terima kasih.
wassalamualaikum wr.wr

  KAMMI Komisariat UNJ

16 November 2009 pukul 01.39

Aslmkm..Mas Nugroho,pd blog saya widgetnya pindah ke bawah pd tampilan posting.Kenapa ya? Apa sih masalahnya? Tlong pnjelasannya.Thanks

Posting Komentar

Rekomendasi

Blogadr.com - Listed (add your blog to Blogadr.com) Blogadr.com - Listed (add your blog to Blogadr.com) Internet Top Blogs Blog Review TopOfBlogs Blog DirectoryBlog Directory Directory of Internet Blogs business blog berburu dolar http://wendh4.blogspot.com/ ihsan's blog ngemprut fauzie's blog Photobucket